Breaking News

12 May 2015

Mengenal Lebih Dekat, Abdul Wahab Jaelani (Pendiri PMII)

Mungkin, banyak yang tak asing dengan nama Abdul Wahab Jaelani. Ya, laki-laki kelahiran Semarang, 21 November ini merupakan salah satu dari 13 pendiri PMII sekaligus menjadi Ketua Umum PKC PMII Jawa Tengah pertama. Kepribadian tegas dan jujur, menjadi bekal dalam menjalankan segala aktifitas organisasi dan kehidupannya. Pengalaman organisasi yang ia miliki pun tak sedikit, yaitu PMII PKC Jawa Tengah pada tahun 1968, dan ditemani oleh Yusuf Ruhayat sebagai Sekretaris Umum serta H. Rifa’i sebagai Bendahara PKC saat itu. Perjuangan tak berhenti di situ, ia pun pernah menjabat sebagai ketua NU Cabang Semarang periode tahun 1985.
Hj. Qomariyah, wanita berparas ayu yang dinikahinya pada tahun 1969, mengakui kecakapannya dalam urusan berorganisasi, sehingga membuatnya terpilih sebagai anggota DPR Provinsi sebanyak dua kali, yakni tahun 1978-1982 serta 1982-1987. Lelaki yang pernah menjadi anggota PWNU Mubarat itu pun, dipercaya kembali menjadi anggota DPR Kota Semarang masa bakti 1987-1992. Nikah massal dan sunnat massal ia adakan semasa jabatannya ketika menjadi anggota PWNU. Di kalangan keluarganya, pak Wahab, begitu panggilan akrabnya, dianggap sebagai sosok yang lugas, jujur, apa adanya serta, menjalankan tugas sesuai dengan jalurnya. Patut untuk dicontoh bagi setiap kader PMII.
Bukan hanya aktifitas dunia yang selalu ia tekuni, berziarah ke makam kedua orang tua serta Kiai Soleh Darat juga menjadi kegiatan spiritual rutin. Tujuannya tak lain adalah  untuk lebih mendekatkan diri dengan Sang Ilahi. Bahkan suatu saat, ketika beliau sedang membacakan doa di makam Kiai Soleh Darat, seekor kunang-kunang jatuh dihadapannya dan berubah menjadi sebuah batu akik yang cantik. Yang kemudian ia simpan untuk dirinya sendiri. Seorang kader PMII serta pemimpin yang sederhana memang patut untuk ditiru semangat dan kepribadiannya. Namun, takdir kematian memang tak dapat dielakkan. Rabu, 21 Mei 1996, beliau harus berpulang ke rahmatullah karena penyakit jantung yang dideritanya. Dan beliau dimakamkan di daerah Bargota, Jl. Wit Saleh. Semarang. (Lahumul fatihah).
Nama lengkap                      : Alm. Abdul Wahab Jaelani
Tempat, Tanggal Lahir       : Semarang, 21 November 1936
Alamat                                   : Jl. Flamboyan. No. 56. Sampangan. Semarang
Pendidikan                             :
  1. Sarjana Ekonomi Akop (Akademi Koperasi) Semarang
  2. Sarjana Hukum UNTAG tahun 1985
Pengalaman Organisasi     :
  • PMII PKC Jawa Tengah 1968
  • Ketua NU Cabang Semarang sekitar th 1985
  • Anggota PWNU Mubarat
  • Anggota DPR Provinsi Jawa Tengah tahun 1978-1982, 1982-1987
  • Anggota DPR kota Semarang masa bakti 1987-1992
Nama istri                             : Hj. Qamariyah
Nama anak                            :
  1. Aida Malikha, S. Psi, M. Si
  2. M. Qosim Marzuki, SE, Akt
  3. Laila Fitriana, SH
  4. Ahson Mas’ud, S. Sos
  5. Nur Arofa, S. Psi

No comments:

Post a Comment

Designed By cara usaha | Powered By Blogger