Breaking News

8 Dec 2015

Menuju BEHA ( Bersih HIV / AIDS ) dalam Membangun Karakter Bangsa

Juara 2 National Essay Competition Online PMII Unila
Elmi Mufidah


Saat ini perkembangan globalisasi sudah berkembang cukup besar. Seiring berjalannya waktu, masyarakat telah menjadi manusia yang dewasa dengan kehidupan yang beragam. Adanya perkembangan yang cukup signifikan ini masyarakat tidak hanya mengalami dampak positif namun dampak negatif pula. Salah satu dampak negatif dari perkembangan globalisasi ini adalah adanya HIV / AIDS. HIV (Human Immuno-Deficiency Virus) merupakan suatu virus yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga penderita mudah terserang penyakit lain. Virus ini menggunakan sel tubuhnya sendiri untuk memproduksi kembali dirinya. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah fase terakhir dari infeksi HIV dan dicirikan oleh CD4 kurang dari 200. Sel CD4 ( jenis sel dari putih ) merupakan unsur penting dalam sistem kekebalan tubuh. Semakin berkembangnya HIV maka sel CD4 akan terus menurun sehingga tidak dapat melindungi tubuh dari penyakit – penyakit. AIDS bukanlah suatu penyakit yang khusus melainkan suatu kumpulan dari sejumlah penyakit yang mempengaruhi tubuh dimana sistem kekebalan menjadi lemah dan tidak dapat merespon dengan baik. 

Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan virus ini hingga sembuh. Namun, ada pengobatan terapi Antiretrovirus agar penderita menjalani hidup lebih lama sehingga dapat membuat mereka menjalani hidup dengan normal. Terapi Antiretrovirus adalah terapi yang digunakan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat HIV / AIDS. Obat ini hanya untuk menghambat berkembangnya virus. Walaupun demikian, obat ini tidak mampu membunuh HIV / AIDS secara total, menimbulkan efek samping yang berat dan pemakaiannya harus setiap hari seumur hidup. Jumlah penderita HIV / AIDS di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun dan diprediksi akan terus meningkat di masa yang akan datang. Jumlah penderita banyak terdapat di kota – kota besar seperti Jakarta. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat mengenai bahayanya HIV / AIDS dan pentingnya akan pencegahan dari terjangkitnya virus. Semua orang dapat terangkit HIV dengan mudah karena virus ini dapat menular dari berbagai macam cara. Pertama, melalui hubungan seksual dengan penderita HIV tanpa adanya perlindungan atau menggunakan kontrasepsi (kondom). Ini kasus yang paling sering menyebabkan banyaknya penderita. Kedua, melalui transfusi darah dari orang yang positif terkena HIV. Ketika menerima transfusi darah dari orang yang positif HIV maka dapat membuat orang tertular. Ketiga, penggunaan jarum suntik yang digunakan secara bergantian seperti penggunaan jarum yang sudah tercemar penyakit HIV. Keempat, ibu hamil yang sudah positif terjangkit HIV, maka janin yang dikandungnya ada resiko terkena penyakit HIV juga. Itulah keempat faktor yang menyebabkan dapat tertularnya HIV / AIDS sangat mudah bukan? Hal yang di anggap cukup sepele dapat membuat seseorang dengan mudah terjangkit HIV/AIDS. Itulah mengapa kita sebagai manusia yang cerdas harus dapat membedakan mana yang baik dan yang buruk. 

Semakin banyaknya penderita HIV / AIDS maka akan berdampak pada rusaknya moral suatu bangsa. Kenyataan yang dapat kita lihat pada saat ini adalah semakin banyak pergaulan bebas yang dapat menjurumuskan seseorang ke jalan yang negatif. Untuk itu dalam mengatasi masalah HIV / AIDS diperlukan beberapa cara dalam upaya menghentikan banyaknya penderita HIV / AIDS. Pertama, diperlukan adanya peran pemuda dalam mengatasi hal ini. Para pemuda adalah calon penerus bangsa, para pemuda berperan penting untuk membangun bangsanya. Berhasil atau tidaknya suatu bangsa terletak di tangan para calon penerus bangsa. Untuk mengatasi HIV / AIDS ini yang harus dilakukan para pemuda adalah terlebih dahulu membekali diri dengan pengetahuan mengenai apa yang menyebabkan HIV / AIDS, apa dampak yang ditimbulkan oleh penyakit itu. Dengan ini pemuda akan lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Setelah membekali diri dengan pengetahuan mengenai virus itu para pemuda wajib bertugas memberikan pengetahuan yang dimilikinya kepada orang yang belum mengetahui akan hal tersebut. Saat ini banyak masyarakat yang kurang mengetahui akan hal ini, padahal ini merupakan masalah yang serius untuk ditangani. Jika tidak dilakukan suatu pencegahan maka akan semakin banyak penderita dan semakin banyak pula kematian yang ditimbulkan oleh virus ini. 

Selain adanya peran pemuda dalam mengatasi hal ini juga diperlukan peran yang sangat penting yaitu peran keluarga. Keluarga adalah media pertama dalam melakukan sosialisasi. Sebelum seseorang dapat bersosialisasi di lingkungan sekolah, lingkungan bermain, dan lingkungan kerja mereka terlebih dahulu bersosialisasi dengan keluarga. Keluarga mempunyai peran yang sangat penting sebagai pembentuk kepribadian, moral seseorang. Akan adanya masalah ini peran orang tua hendaknya memberikan pengetahuan apa hal yang baik dan buruk. Terutama memberikan pengetahuan tentang adanya apa itu HIV / AIDS, bagaimana cara agar terhindar, serta dampak yang ditimbulkan dari virus tersebut. Selain dengan memberikan pengetahuan hendaknya orang tua ikut serta dalam mengawasi apa yang anak lakukan agar anak tidak terjerumus kedalam dunia yang negatif. Semakin banyaknya pergaulan bebas pada kalangan remaja saat ini yang dapat menyebabkan tercemarnya HIV / AIDS. Hal ini dimulai ketika mereka berkumpul menjadi sebuh anggota remaja namun didalamnya terdapat pengaruh – pengaruh yang dapat berdampak mengubah bahkan mempengaruhi seseorang menjadi pribadi yang buruk. Lingkungan bermain dapat mempengaruhi perilaku, kepribadian dan moral seorang anak. Seorang anak terutama pada usia remaja cenderung penasaran mengenai sesuatu hal yang belum diketahui meskipun itu dilarang oleh orang tua. Karena keinginitahuan yang mereka miliki sangatlah besar. Maka dari itu orang tua hendaknya selalu waspada dan membatasi anak dalam bergaul agar tidak terjadi sesuatu dapat menghancurkan kehidupan sang anak selanjutnya. 

Sungguh ironis melihat peristiwa tersebut dengan semakin banyaknya penderita HIV / AIDS dari tahun ke tahun. Adanya kejadian seperti ini sudah saatnya dunia mengatasi agar tidak bertambah banyaknya penderita HIV / AIDS. Maka dari itu disini diperlukan peran para pemuda sebagai penerus bangsa dengan berperan aktif dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Peran keluarga juga sangat dibutuhkan dalam mengatasi mengenai apa yang saat ini banyak terjadi di dunia. Pemuda dan keluarga dapat melakukan dengan cara mencegah segala kemungkinan terjadinya HIV / AIDS yang menyebar di seluruh dunia.  Menciptakan bangsa yang bersih dari HIV / AIDS,  Meningkatkan moral bangsa dengan menjauhi seks bebas, serta meningkatkan iman dan takwa agar selalu terhindar dari jalan yang penuh dengan  kekeliruan. Hal ini sangat diperlukan agar dapat membangun karakter bangsa yang berkualitas. Mempunyai orang – orang yang cerdas dan berkarakter baik. Sekecil apapun usaha yang kita lakukan untuk membawa perubahan menuju bebas HIV / AIDS sangat berarti bagi kehidupan semua orang. Tiada kata terlambat untuk memperbaiki segala kesalahan di masa lalu. Marilah saling bergandeng tangan dengan saudara, teman, dan keluarga agar dapat menjalin kehidupan yang sehat yang berbahagia. 

No comments:

Post a Comment

Designed By cara usaha | Powered By Blogger