Breaking News

24 May 2016

Panduan Juara Karya Tulis, Buku Karya Kader PMII Unila

Kehidupan saat ini tidak terlepas dari dunia tulis menulis, baik itu menulis ilmiah maupun non-ilmiah. Tulisan ilmiah lebih menjurus kepada kalangan akademis, meskipun tidak menutup kemungkinan diluar kalangan akademis dapat menulis tulisan yang bersifat ilmiah.

Mahasiswa, yang notabene adalah salah satu kalangan akademis dituntut mampu untuk menulis tulisan ilmiah. Berawal dari hal tersebut, Imam Mahmud yang merupakan kader PMII Unila bersama dengan Toni Chanigia menulis buku dengan judul “Panduan Juara Karya Tulis untuk Pemula”.

Imam Mahmud dan juga Toni Chanigia merupakan peserta aktif lomba karya tulis ilmiah yang aktif mengikuti berbagai perlombaan baik tingkat daerah maupun nasional, dan tidak jarang menjadi juara.

Di dalam bukunya tersebut diungkapkan bahwa karya tulis merupakan karangan ilmiah yang didapat dari hasil data penelitian, kajian, atau analisa yang didukung oleh teori-teori yang sudah ada. Sedangkan tujuannya untuk menyampaikan gagasan penulis dengan caranya sendiri.

Disebutkan juga dalam buku tersebut terdapat empat langkah mempersiapkan karya tulis, yaitu yang pertama mencari wawasan, kedua mengumpulkan ide, yang ketiga mencari informasi, dan terakhir belajar menulis yang baik dan benar sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Sedangkan tips untuk menjadi juara, Imam Mahmud dan Toni Chanigia mengungkapkan bahwa yang pertama dipersiapkan adalah kesiapan dalam melakukan presentasi didepan dewan juri, selanjutnya meyakinkan dewan juri akan gagasan penulis, yang ketiga menghindari kesalahan fatal.

Kesalahan fatal dalam buku tersebut disebutkan bahwa yang pertama dari segi penampilan, kedua gaya bahasa, ketiga penjelasan latar belakang yang bertele-tele, keempat slide presentasi yang sedikit esensi, malah penuh gaya, yang terakhir terlalu lemahnya intonasi suara.

No comments:

Post a Comment

Designed By cara usaha | Powered By Blogger