Breaking News

13 Jun 2017

PMII Unila Minta Mendikbud Pertimbangkan Kembali Program Full Day


Bandar Lampung - Rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi yang akan menerapkan program full day atau setara dengan 8 Jam sehari perlu dipertimbangkan kembali ( 14 /Juni/ 2017).

Ketua PMII Unila Hendy Novrian menilai rencana ini perlu dipikirkan kembali dan perlu dirapatkan kembali kepada pimpinan yang lebih tinggi dalam hal ini adalah Presiden RI bapak Joko Widodo.

" Memang tujuan dari program ini adalah baik, akan tetapi coba dipertimbangkan lagi karena 8 Jam sehari jika dikalikan 5 hari maka 40 Jam. Banyak hal yang harus dipertimbangkan terutama psikologis siswa takutnya karena otak mereka terlalu lama bekerja, menyebabkan stress otak atau kejenuhan otak" Jelas Hendy

Selain itu kebijakan ini secara tidak langsung akan menyukitkan siswa membagi waktu mereka, mengingat ada siswa yang tinggal di pondok pesantren untuk memperdalam ilmu keagamaan, dikhawatirkan mereka akan memilih satu pendidikan saja yang akibatnya mereka keluar dari pondok pesantren, padahal pesantren adalah wadah yang pas untuk pendidikan karakter

Harapannya jika memang program ini bertujuan untuk penguatan karakter, jangan sampai menjadikan mental atau karakter mereka hanya study oriented, karena mereka adalah masyarakat dan perlu adanya jiwa kesosialan dan itu bisa dibangun hanya dimasyarakat bukan hanya berada didalam kelas. Serta jangan sampai program ini membuat pondok pesantren gulung tikar, mengingat dipondok pesantren lah pendidikan karakter selama ini dibangun.

No comments:

Post a Comment

Designed By cara usaha | Powered By Blogger